Pages

Minggu, 14 November 2010

Wukuf Jatuh Pada Hari Senin

Jamaah Haji Tiba di Arafah


Senin, 15 Nopember 2010 04:52 WIB

Arafah - Sedikitnya 3,5 juta jamaah haji dari pelosok dunia telah memadati padang Arafah sejak Minggu pagi (14/11), untuk melaksanakan wukuf yang jatuh pada hari ini, Senin (15/11).

Dari pantauan para jamaah haji menelusuri jalan-jalan yang menghubungkan Masjidil Haram, Mekkah, menuju Mina kemudian ke Muzdhalifah dan menuju Arafah.

Sepanjang jalan mereka melafazkan "Labbaika Allahumma labbaik labaika la syarikalaka labaik innal hamda wannikmata laka wal mulk laa syarikalak".

Sementara itu, sejumlah aparat kepolisian Arab Saudi melakukan penjagaan ketat di sepanjang jalan masuk menuju Mina. Hanya jemaah yang menggunakan bus-bus besar yang diijinkan memasuki ke kawasan tersebut, sementara mobil-mobil pribadi dilarang masuk, kecuali berstiker khusus.

Mendagri Arab Saudi Pangeran Naif selaku penanggungjawab operasional haji Saudi mengatakan, seluruh persiapan untuk pelaksanaan ibadah haji telah dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Selain menggunakan ribuan kendaraan, jemaah haji dapat menggunakan layanan kereta api untuk perjalanan di Mashair, yang diharapakan dapat mengurangi kemacetan jalan jalan menuju dan keluar dari Mina, Arafah dan Muzdalifah.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi sendiri telah menyiagakan seluruh rumah sakit untuk memberikan layanan kesehatan yang maksimal kepada jemaah haji. Selain itu, selama jemaah berada di Arafah dan Mina, Kementerian Saudi membuka juga sejumlah puskesmas yang berada di lokasi perkemahan jemaah haji. (red)

0 komentar:

Posting Komentar